Minggu, 04 Januari 2009

Sedikit Tentang Takdir
















Takdir....


apa itu takdir? apa bedanya dengan nasib?
jika ada seseorang yang sedang terpuruk, lalu ia bilang "mau bagaimana lagi, ini sudah takdir..., yah.. mungkin nasibku memang sudah begini..."
di dunia ini berlaku hukum sebab akibat, bila makan sembarangan maka akan berpotensi sakit, jika suka berbohong, akibatnya tidak dipercaya, atau seorang yang pintar dan kaya adalah hasil dari ketekunanya selama puluan tahun sebelumnya. namun kita kadang terlalu berfikiran sempit. bila musibah menimpa, selalu saja kita sangkut pautkan karena kehendak Allah, padahal diri sendiri yang kurang hati-hati.

ketika iblis membangkang kepada Allah, apakah itu sudah dititahkan atau karena pilihan iblis sendiri? Saat Nabi Adam AS, diturunkan ke Bumi, apakah itu karena kesalahan Adam sendiri atau memang sudah tertulis di lauh mahfuz? Kalaupun pada saat itu iblis mau bersujud kepada Adam, apakah Adam akan tetap turun ke Bumi? bisa dibayangkan betapa indahnya kehidupan manusia di Bumi tanpa adanya kebatilan yang dibisikkan anak keturunan iblis/setan.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Pernah Adam dan Musa saling berdebat. Kata Musa: Wahai Adam, kamu adalah nenek moyang kami, kamu telah mengecewakan harapan kami dan mengeluarkan kami dari surga. Adam menjawab: Kamu Musa, Allah telah memilihmu untuk diajak berbicara dengan kalam-Nya dan Allah telah menuliskan untukmu dengan tangan-Nya. Apakah kamu akan menyalahkan aku karena suatu perkara yang telah Allah tentukan empat puluh tahun sebelum Dia menciptakan aku? Musa pun terdiam...

Saya berfikir dengan imajinasi akal yang sangat terbatas, bahwa Allah telah mengetahui dan menyaksikan hingga selesai, "film" kehidupan yang dibuatNya sendiri (mungkin dalam trilyunan versi yang berbeda akibat dari perilaku hamba-hambaNya) semenjak Nabi Adam belum diciptakan, kiamat hingga kehidupan akhirat.

Hanya Allah yang tahu, bagaimana cerita kehidupan kita sekarang jika iblis kala itu mau bersujud kepada Adam.

Sepertinya semua sudah selesai, versi film kehidupan dari awal hingga akhir sudah diputar di lauh mahfuz. Dan mungkin sekarang sudah hampir tamat...

WALLAAHUA'LAM BISHAWAB

Wahai Zat yang menggenggam gravitasi alam semesta,
KarenaMu, Dari Cygnus hingga Elektron
berputar teratur mengarungi antariksa sesuai sunnahMu

by: ifan. Sentul, 4 Feb 2009

Tidak ada komentar: