Minggu, 04 Januari 2009

LUCK... good luck or bad luck?


Cerita yang saya baca dari sebuah buku yang pernah dirilis sekitar tahun 2000. Buku ini berjudul "Ikuti Kata Hatimu" penulisnya adalah Andrew Mathews.

Di sebuah desa terdapat sebuah perkampungan kecil. Salah satu penduduk memiliki peternakan kuda yang tidak begitu banyak, dia bersebelahan dengan tetangga yang memiliki peternakan Kambing. Si tetangga ini suka sekali mengomentari apa-apa yang terjadi dengan si peternak Kuda.

Suatu hari si peternak kuda kehilangan salah satu kuda terbaiknya, si tetangga pun berkomentar, "sial sekali kamu hari ini, kuda terbaikmu menghilang..", "Ah.. biasa aja itu," si peternak kuda pun menjawabnya dengan santai. Dua hari berikutnya, kuda yang hilang itu kembali membawa 20 ekor kuda liar dari hutan. tetangga pun kaget, dan seperti biasa, ia berkomentar, "Wah.. beruntung sekali kamu, ternyata kuda kamu kembali dengan 20 ekor kuda liar.." "Ah biasa aja, Alhamdiulillah, ini karunia Allah.. " jawab si peternak kuda. Esok hari, anaknya yang baru remaja terjatuh akibat menaiki salah satu kuda liar hingga kaki kirinya patah tulang. melihat ini, si tetangga datang bersama anaknya yang juga remaja. "Waduh.. ternyata kuda liarmu itu membawa sial ya..?" si peternak kuda diam, lalu berlalu sambil membopong anaknya yang kesakitan.

Seminggu kemudian datang serombongan pasukan tentara kerajaan ke kampung itu. Mereka mengumumkan bahwa negerinya sedang terancam seragan dari negeri tetangga yang hendak menginvasi negeri tersebut. Anak laki-laki yang menginjak remaja diwajibkan ikut turun ke medan perang, bila tidak maka akan dihukum, kecuali memang sedang sakit. Para tentara mengadakan seleksi, anak remaja si peternak kambing dalam keadaan sehat, dia pun diwajibkan ikut. sementara anak remaja sang peternak kuda lolos karena sedang sakit. Sang peternak kuda menepuk-nepuk pundak tetangganya, sambil berkata "sabar..., pasrahkan kepada Allah.." Si tetangga melirik lalu bergumam.. "lagi-lagi kamu beruntung..." Sang peternak kuda hanya tersenyum lalu berkata.....



Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
QS. al-Insyirah (94) : 5&6




ifan - sentul, 15 Jan 2009

Tidak ada komentar: